Jurnal IT

Komputasi dan Pengetahuan Umum

PRODUCT MANAGEMENT

Sistem yang sudah terbangun di klien kami, yaitu CV. Decorus yang perlu mendapatkan penanganan lebih jauh, mengingat system aplikasi yang dibuat dari FoxPro ini masih banyak mengalami eror si sana sini dan belum bisa memberikan tingkat pelaporan yang memadahi.

  1. Product Management Flow Chart

 


 

  1. STEP BY STEP

 

  1. SALES ORDER by Marketing Division
  • Olah dan kirim P.O. dari customer dalam bentuk Sales Order untuk mendapatkan persetujuan Direktur. Sales Order ini menjadi rujukan pembuatan INVOICE dengan tembusan kepada Manufacture Manager.
  • Sales Order disampaikan kepada Purchasing untuk disesuaikan keberadaan barang-pesanan yang tertera di P.O., apakah ada stock atau tidak.
  • Bila stocknya ada (via Inventory system) maka Purchasing menerbitkan Purchasing Order internal untuk pengadaan barang-barang pesanan dari Customer kepada Kepala Gudang (Store Manager).
  • Bila stocknya tidak ada (via Inventory system) maka Purchasing akan meneruskan Sales Order tadi kepada PPIC dalam hal ini dirangkap oleh Engineering.
  • Enginering mulai melakukan processing data dari P.O. dan Sales Order ke dalam BOM dan Route Sheet untuk disampaikan kepada Production Manager.

     

  1. Production Planning and Inventory Control (PPIC) by Engineering
  2. Enginering mulai melakukan processing data dari P.O. dan Sales Order ke dalam BOM dan Route Sheet untuk disampaikan kepada Production Manager.
  • Engineering memerintahkan drafter (design graphic staff) untuk merangkai dan memilah-milah product item dari P.O. ke dalam beberap part.
  1. Drafter membuat gambar (dng autocad) dari masing-masing product item yang tertera di dalam Sales Order ke dalam susunan/rangkaian patern/part yang diperlukan.
  2. Staff EDP melakukan entry data ke dalam system dari perolehan rangkaian data yang telah dikerjakan oleh drafter
  3.  

 

  1. Melihat Inventory System


 

 

 

  1. Cost Counting Menu

Product Structure & Production Route Sheet

Keterangan/Fields :

  1. Patern Number ;
  2. Formula No.;
  3. Formula Date;
  4. Level;
  5. Componen Result#;
  6. Description;
  7. Batch No.;
  8. Qty Required;

 

 

 

  • Component Sources

Fields:

  1. Operation Sequence
  2. Item
  3. Item Name
  4. Qty
  5. Scrape Factor

 

 

 

  • Production Process

Fields:

  1. Department Code
  2. Department Name
  3. Operation Sequence
  4. Description
  5. Detail Description (1)
  6. Detail Description (2)
  7. Works Code
  8. Work Center Name
  9. Crew
  10. Run Time (100 pcs/minute)
  11. Set up minute

 

 

 

  • List/Search Menu

Fields:

  1. Pattern Number
  2. Pattern Number Name
  3. Level
  4. No. Formula
  5. Tgl. Formula
  6. Finished Goods Code
  7. Finished Goods Name

 

 

OTHERS of Cost Accounting yang berhubungan dengan pembuatan / penyusunan BOM

  1. Duplication Process
  • From Product Structure

  • From Saw Mill

  • Duplication of Product Structure

  • Duplication of Saw Mill Route Sheet

  • Duplication of Batch

  1. Updating Lead Time

 

  1. Setup COGS Report

MENU:

  • Beginning Balance
  • Purchasing
  • Ending Balance
  • Usage of Raw Material
  • Direct Labor
  • Factory Overhead
  • Inventory Adjustment
  • Usage Indirect Material
  • WIP
  • COGS
  • Finished Goods
  • COGS

 

Building/Update Cutting Quantity<<<<Finish

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14/11/2010 by in ERP.

Navigasi

%d blogger menyukai ini: