Jurnal IT

Komputasi dan Pengetahuan Umum

Cara Membangun Sebuah Komputer Menjadi VPS

vps6Banyak rekanan saya bertanya-tanya untuk membuat VPS sendiri untuk kepentingan business, games dan kebutuhan personal lainnya. Apalagi semakin maraknya pengguna internet gratisan maupun berbayar sudah banyak mengenyam kegunaan VPS ini. Entah untuk penunjang mendapatkan akses internet gratisan yang lazim disebut dengan nama es teh, akun SSH, free SSH, SSH Premium dan lain sebagainya. Sebagian besar para penguna VPS ini mendapatkannya dari provider VPS luar negeri baik dengan cara pakai dulu bayar kemudian, sewa bulanan/tahunan bahkan dengan gratis.

Apa mungkin komputer yang kita pakai dengan spesifikasi yang jauh dari kelasnya sebuah server bisa dijadikan VPS?

Tentu saja bisa. Kenapa tidak?

Nah daripada bayar atau sewa VPS tersebut semoga Tips sederhana ini bisa menjembatani kebutuhan anda tersebut dengan membuat VPS sendiri. Namun demikian tentunya kualitasnya tergantung pada hardrware dan software yang anda tanamkan di dalamnya dan yang paling penting adalah kemampuan anda mengelolanya.vps_host

Biar tidak panjang lebar berikut saya berikan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat sebuah Virtual Private Server :

  1. Komputer yang berkemampuan tinggi dalam komputasi; untuk uji coba bisa anda sediakan satu unit komputer yang tidak harus berspesifikasi server, misalnya cukup dengan komputer desktop dengan spesifikasi minimal;  processor Intel Dual Core atau AMD, HD minimal 100 GB (semakin besar semakin baik)
  2. Koneksi Internet berkecepatan tinggi; untuk di Indonesia mungkin speedy yang berpaket  2mb/per bulan atau pakelah ISP yang benar-benar menyediakan akses internet yang cepat dan tentunya relatif murah.
  3. Statik IP atau Global IP; dipergunakan untuk klien yang akan mengakses VPS kita. Untuk mendapatkan 1 (satu) buah IP statik ini bisa anda dapatkan dari ISP tentunya dengan paket tertentu. Untuk mendapatkannya secara gratis bisa anda pergunakan aplikasi Mikrotik, OpenDNS, No-IP dan lainnya.
  4. Operating System Server Utama; ini yang paling utama kita perlukan supaya komputer kita menjadi sebuah VPS. Untuk memudahkan dan meringankan beban komputer desktop/server anda sebaiknya di install OS Linux server, namun untuk memudahkan anda mengendalikannya bisa dengan OS Linux Desktop seperti Ubuntu, Red Hat, Fedora, Suse atau Windows Server
  5. Aplikasi Virtual Server; disarankan menggunakan OpenVZ atau Xen yang mana keduanya memang gratis. Bisa juga anda install VMware atau VirtualBox atau biar mendukung aplikasi games sever install saja Turnkey.
  6. Sudah?

Belum….karena komputer kita tersebut khan belum kita bagi-bagi kewenangan dan kekuasaan penggunanya bukan?

Nah dari aplikasi Server tersebut baru kita petakan masing-masing hak penggunaanya, mau pake OS apa dan apa saja yang bisa mereka dapatkan dari VPS kita.

Biar gak capek bacanya untuk tutorial dan prosedur pembuatan VPS per OS kita bahas pada postingan berikutnya saja.

 

6 comments on “Cara Membangun Sebuah Komputer Menjadi VPS

  1. egy
    05/09/2013

    nice share gan … sedikit tapi nempel dihati .. he …

  2. Ping-balik: Apakah VPS itu? | Independent IT Consultant

  3. ip
    29/09/2014

    lanjutannya mana ya gan?

  4. handphone terbaru
    30/11/2015

    Masalahnya koneksi internet nya yang mahal gan ..kalo sewa vps di luar yg unmanage juga murah. .. Untuk main di handphone saja kadang hanya kenceng di awalnya saja

  5. Suyetno
    14/08/2016

    mana nih sambungan nya?

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 05/09/2013 by in Computing, VPS and tagged , , , , , .
%d blogger menyukai ini: