Jurnal IT

Komputasi dan Pengetahuan Umum

Protocol Layers Media Komunikasi Antar Komputer dan Perlengkapan Telekomunikai Umum

 (Perbedaan Protokol Komunikasi  HTTP, HTTPS dan Socks)

reverse_proxyPROTOKOL adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.

Sangat susah untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak variasi di dalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  • Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
  • Melakukan metode “jabat-tangan” (handshaking).
  • Negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan.
  • Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan.
  • Bagaimana format pesan yang digunakan.
  • Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
  • Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya
  • Mengakhiri suatu koneksi.

OSIUntuk memudahkan memahami Protokol, kita mesti mengerti Model OSI. Dalam Model OSI terdapat 7 layer (lapisan) dimana masing-masing layer mempunyai jenis protokol sesuai dengan peruntukannya.

Perlengkapan Telekomunikasi Umum; yang saya maksud Teknologi Umum pada judul tulisan saya ini adalah perlengkapan sarana komunikasi yang telah beredar di masyarakat sekarang yang membutuhkan akses komunikasi melalui jaringan, seperti : Handphone atau gadget lainnya, wifi, CCTV, Kulkas, Telivisi, Komputer, Jaringan Komputer dalam hal ini internet, intranet dan WAN dan lain sebagainya.

Model OSI – SO/IEC 7498-1;  Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).

OSI_ModelSebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

Dari uraian singkay di atas saya harap kita sudah bisa mengetahui apa saja yang diperlukan dalam membuat suatu aplikasi jaringan khususnya membuat injector ke operator selular (Opses). Dari OSI ini kita ketahui bahwa jumlah protocol koneksi antar komputer banyak sekali dan belum ada pembakuan makna atau penjelasan secara menyeluruh melalui bahasa pemrograman.

Bisa anda perhatikan jumlah pengelompokan dan pengertian protokol komunikasi antar komputer dan media telekomunikasi lainnya ternyata jumlahnya lumayan banyak dan akan terus berkembang seiring kemajuan teknologi.

Transport_setMenurut model OSI (Open Systems Interconnection) protokol koneksi antar komputer dan devices lainnya seperti Gadget, Webcam, Wifi dan lain sebagainya itu terdiri dari 7 lapisan:

 1. Lapisan 7 (Application layer) yang terdiri dari :

NNTP,  SIPSSIDNSFTPGopherHTTPNFS , NTP, SMPP, SMTP, SNMP, Telnet, DHCP, Netconf, (masih banyak lagi)

2. Lapisan 6 (Presentation layer )

MIME, XDR

3. Lapisan 5 (Session layer)

Named pipe, NetBIOS, SAP, PPTP, RTP, SOCKS, SPDY, TLS/SSL

4. Lapisan 4 (Transport layer)

TCP, UDP, SCTP, DCCP, SPX

5. Lapisan 3 (Network layer)

IP IPv4, IPv6, ICMP, IPsec, IGMP, IPX, AppleTalk, X.25 PLP

6. Lapisan 2 (Data link layer)

ATM, ARP, SDLC, HDLC, CSLIP, SLIP, GFP, PLIP, IEEE 802.2, LLC, L2TP, IEEE 802.3, Frame Relay, ITU-T G.hn DLL, PPP, X.25 LAPB, Q.921 LAPD, Q.922 LAPF

7. Lapisan 1 (Physical layer)

EIA/TIA-232, EIA/TIA-449, ITU-T V-Series, I.430, I.431, PDH, SONET/SDH, PON, OTN, DSL, IEEE 802.3, IEEE 802.11, IEEE 802.15, IEEE 802.16, IEEE 1394, ITU-T G.hn PHY, USB, Bluetooth, RS-232, RS-449


MAU TAU BERAPA JUMLAH KESELURUHAN PROTOKOL YANG ADA DI DUNIA INI? (klik di sini)

Kesimpulan :

1.      PERSAMAAN

httpprohProtokol komunikasi HTTP (Hypertext Transfer Protocol), HTTPS, Socks versi 4 dan 5 merupakan satu keluarga pada lapisan protokol 7 yang mana merupakan satu wadah lapisan aplikasi (layer application) guna mendukung jaringan antar komputer dan piranti keras maupun lunak untuk bertatap muka menggunakan alamat IP (Internet Protocol).

Keduanya sama-sama bertujuan untuk melintasi pagar keamaan dan alasan lainnya agar komputer klien tidak bisa leluasa keluar masuk ke dunia maya!

2.     PERBEDAAN

Basic Server SettingsKONEKSI SOCKS; Sebuah Server yang menggunakan pintu lalu lintas SOCKS tidak akan menafsirkan lalu lintas jaringan antara klien dan server dengan cara apapun.

Lalu lintas melalui pintu Socks ini sering digunakan oleh klien yang berada di belakang firewall yang tidak mengijinkan yang bersangkutan melalui koneksi TCP ke server di luar firewall tersebut kecuali mereka melakukannya melalui celah server yang berada pada pintu SOCKS.

Kebanyakan web browser dapat dikonfigurasi untuk berbicara dengan server web melalui manual proxy yang didalamnya menyediakan kolom komunikasi melalui SOCKS ini. Untuk itu klien harus terlebih dahulu membuat sambungan ke server tersebut melalui celah pintu SOCKS.

KONEKSI HTTP dan HTTPS cenderung akan menterjemahkan dan membaca apa saja yang anda kirimkan ke sebuah proxy server melalui celah HTTP/S dan cenderung akan memaksa klien melalui celah ini supaya bebas dari cengkeraman proxy server utama (gateaway). Kebanyakan ISP (Internet Service Provider) menggunakan akses ini yang mana celah tersebut pada port web site umum yaitu port 80, 8080, 8000

socksCelah ini biasa dimanfaatkan oleh para phreaker untuk melintasi dinding api nya operator selular (opsel) dengan method DELETE, CONNECT, OPTION, PUT, GET dan lain-lain yang akan kita bahas kemudian.

 

NEXT COMING SOON

  1. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN MELINTASI FIREWALL PROXY MELALUI CELAH HTTP, HTTS DAN SOCK.
  2. Delapan Fungsi Method Berikut Contoh Source Code Injektor ke Opsel

Dengan method [0 = HEAD], [1 = GET], [2 = POST], [3 = DELETE], [4 = CONNECT], [5 = OPTIONS], [6 = TRACE], [7 = PUT])

One comment on “Protocol Layers Media Komunikasi Antar Komputer dan Perlengkapan Telekomunikai Umum

  1. Herry Hermawnn
    08/01/2014

    PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga menyediakan pengadaan komputer ke perkantoran,sekolah,kampus,Pemda,dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 – 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 04/10/2013 by in Networking and tagged , , .