Jurnal IT

Komputasi dan Pengetahuan Umum

Fungsi VPN Untuk Bisnis dan Personal

Pengertian VPN Adalah :

vps3Secara etimologi atau kaidah bahasa Virtual Private Network disingkat menjadi VPN adalah satu lalu lintas komunikasi data secara khusus dari dan ke komputer lainnya dengan menggunakan jaringan umum sepert internet dan WAN (Wide Access Network) dengan menggunakan komputer atau device gadget: Black Berry, Android maupun Handphone. Gamblangnya adalah jalinan komputer satu dengan komputer lainnya agar tidak bercampur baur dengan komputer lainnya secara pribadi. Artinya tukar data antar komputer dilakukan langsung selayaknya komputer yang berada dalam satu area langsung; kasarnya tatap muka antar komputer. Adapun akses tatap muka ini bisa dilakukan melalui jaringan internet maupun akses komunikasi jarak jauh lainnya, seperti internet, intranet dan WAN, menurut kaidah OSI yang terdiri dari 7 lapisan diantaranya Point to Point  (PTP), L2PPT,  SSL, dll.

Dalam tulisan lain dikatakan bahwa VPN adalah Virtual Private Network atau saluran komunikasi khusus yang efisien menggunakan jaringan internet, intranet dan WAN. VPN biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan ruang sendiri di internet. Misalnya komunitas bisnis yang memerlukan keamanan jaringan sendiri di internet melakukan berbagai kegiatan dalam lingkungannya sendiri.

VPN beroperasi pada topologi yang berbeda dan lebih rumit daripada jaringan point to point (PPTPN). Fungsi VPN adalah memberikan koneksi yang sangat aman antara jaringan pribadi yang terhubung melalui Internet. Hal ini memungkinkan remote komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan LAN.

Virtual Private Networks memiliki popularitas di masa lalu karena tidak hanya menurunkan biaya tetapi juga meningkatkan dan memperluas kemampuan jaringan. Karena fungsi VPN adalah dapat menghubungkan karyawan dari mana saja di dunia ke jaringan komputer perusahaan dan mereka dapat tetap melaksanakan tugas penting secara tepat waktu dan karyawan dapat tetap terkoneksi ke jaringan intranet perusahaan

Fitur Dan Fungsi PVN Adalah ?

Virtual Private Network atau PVN adalah sebuah sistem yang memungkinkan komputer ke jaringan luas secara geografis tanpa ada hambatan fisik. VPN dikategorikan sebagai bentuk jaringan dalam cakupan area luas. VPN mendukung fungsi seperti akses remote klien, akses jaringan LAN satu ke jaringan LAN yang lain, dan juga membuat fungsi pembatasan internet.

Alasan Perusahaan menggunakan Fungsi VPN adalah karena kebutuhan untuk memberikan akses khusus atau membuat akses khusus untuk karyawan yang harus mobil oleh karena PVN adalah jaringan intra global aktif sehingga karyawan dari manapun dapat terhubung ke jaringan internet dan intranet perusahaan

Cara Kerja dan Fungsi VPN Adalah :

  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
  • VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan , hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
  • Teknologi saat ini semakin banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network juga membuka jalan untuk koneksi Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Kelebihan VPN adalah:

  • Virtual Private Networks  menjadi solusi biaya relatif murah untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi
  • Fitur keamanan dapat disesuaikan.

Kekurangan VPN adalah :

  • Dengan penyediaan akses ke karyawan secara global, faktor keamanan adalah risiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas

Terlepas dari kekurangannya, ada banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN diantaranya:

  1. Memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video dan layanan lain yang berhubungan dengan jaringan.
  2. Remote Aplikasi perusahaan misalnya aplikasi keuangan, personalia, stok gudang, dll bisa lebih aman diakses langsung dari manapun – kapanpun kita berada secara real-time.
  3. Memudahkan karyawan maupun pimpinan untuk melanjutkan pekerjaannya di rumah atau di mana saja, sehingga memangkas biaya lembur karyawan.
  4. Berbagai fitur yang sudah ditawarkan melalui layanan internet dapat ditawarkan melalui Privat Virtual Network dengan efektifitas biaya.
  5. Dapat bekerja pada jaringan pribadi (melalui Wifi, radio link, LAN, bahkan lewat modem/direct call  juga bisa) maupun publik (lewat internet)

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 09/10/2013 by in Computing, Networking, VPN and tagged , , .
%d blogger menyukai ini: